Pertemuan 1

Posted: 29 September 2011 in Komputer Grafik

A.   Konsep Dasar Komputer Grafik

Grafika Komputer adalah penggunaan komputer untuk menghaasilkan gambar visual. Pada umumnya, format garfika komputer meliputi GIF, dan JPEG, untuk gambar tunggal , dan MPEG dan Quicktime, untuk gambar multiframe.

Kegunaan-kegunaan grafik komputer di berbagai bidang :

1. Seni, hiburan, dan periklanan

2. Pemantauan proses

3. Simulasi tampilan

4. Komputer-aided design

5. Analisi dan visualisasi scientific

Ada dua macam model untuk menampilkan suatu citra di layar yaitu:

1. Model grafik

Model grafik adalah suatu model yang penggambaran entitasnya menggunakan sejumlah garis, simbol, atau bentuk disebut model grafik.

Definisi-definisi grafik:

a. Point / titik yang biasa disebut juga pixel. Pixel merupakan singkatan dari picture element, kadang-kadang juga disebut pel. Pixel merupakan satu titik dalam satu grid berbentuk persegi atau juga beribu titik secara individual “dilukis” menjadi suatu bentuk image yang dihasilkan pada layar komputer atau pada kertas oleh sebuah Printer

b. Line / garis yaitu Garis lurus yang menghubungkan 2 titik

c. Vertex yaitu Titik pada 3D

d. Edge yaitu garis pada 3D yang menghubungkan 2 vertex

e. Polygon / Face / Facet yaitu bangun sembarang yang terbentuk dari vertex-vertex yang terhubung. Merupakan unit fundamental dari grafik komputer 3D.

f. Raster berasal dari sistem TV yang menggunakan kolom pixel. Keuntungannya adalah dapat menggambar benda (model) seperti dunia nyata dengan banyak variasi warna. Namun raster juga memiliki kekurangan yaitu memakan ukuran memory yang besar dan jika di perbesar, gambarnya pecah.

2.  Model Teks

Model teks adalah suatu model yang penggambaran entitasnya hanya menggunakan teks saja.

B. Motion Capture

Motion capture adalah terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan proses dari perekaman gerakan dan pengartian gerakan tersebut menjadi model digital. Ini digunakan di militer, hiburan, olahraga, aplikasi medis, dan untuk calidasi cisi komputer dan robot. Di dalam pembuatan film, mocap berarti merekam aksi dari aktor manusia dan menggunakan informasi tersebut untuk menganimasi karakter digital ke model animasi komputer dua dimensi atau tiga dimensi. Ketika itu termasuk wajah dan jari-jari atau penangkapan ekspresi yang halus, kegiatan ini biasa dikatakan sebagai performance capture.

Contohnya adalah pada film “The Lord of the Ring” yang berperan sebagai tokoh gollum.

Comments
  1. […] sumber:(https://aldrinpratama.wordpress.com/2011/09/29/pertemuan-1/)  Kalau menurut saya permodelan grafis adalah suatu cara untuk membuat,memanipulasi,mengkreasikan suatu objek desain grafis yang berbentuk 2D ataupun 3D dengan menggunakan software komputer Contohnya:  -Software Desain Grafis 2D menggunakan CorelDraw,Photoshop,Paint,dll -Software Desain Grafis 3D menggunakan Autodesk Maya,Autodesk 3ds Max,Blender,dll […]

Leave a comment